Header Ads

Kegiatan Penganggaran untuk Kaum Muda


Hal ini sangat penting bagi individu untuk mengetahui bagaimana menangani keuangan. Berhemat adalah sifat yang baik dan sangat sedikit pemuda atau pemudi yang memilikinya. Orangtua adalah guru pertama anak-anak, dan oleh karenanya mereka harus memberikan contoh yang baik. Sebagai orang tua, Anda bisa memberi anak-anak Anda kegiatan penganggaran sehingga mereka akan belajar menangani keuangan pada usia dini.

Tugas sederhana atau aktivitas sederhana adalah membiarkan anak-anak Anda menganggarkan uang saku mereka. Apakah itu untuk uang sewa tempat kost atau makan sehari-hari. Anda bisa mulai dengan memberi mereka tunjangan mingguan dan kemudian setelah beberapa saat, berikan tunjangan bulanan mereka.

Begitu mereka memiliki uang, mereka akan bertanggung jawab atas semua pengeluaran mereka. Jangan memberi mereka uang ekstra, terutama jika mereka menghabiskan tunjangan mereka dengan tidak bijak. Biarlah itu menjadi pelajaran bagi mereka, sehingga mereka bisa belajar dari kesalahan mereka.

Hal lain, orang tua juga harus mendorong remaja mereka untuk bergabung dengan kelompok pemuda di daerah Anda. Dengan begitu, mereka bisa berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kelompok. Sebenarnya, beberapa kegiatan kelompok pemuda bisa mengajari para anggotanya tentang bagaimana membelanjakan uang dengan bijak.

Kelompok pemuda biasanya menyelenggarakan acara khusus dan kelompok ini sering dibagi menjadi beberapa komite. Satu komite akan bertanggung jawab menangani keuangan untuk kesempatan tersebut. Ini sudah menjadi cara melatih pemuda tentang bagaimana mendistribusikan dana yang tersedia dengan tepat sehingga semuanya berjalan lancar.

Kegiatan di luar kota juga dilakukan. Kegiatan ini juga akan meningkatkan kemampuan penganggaran anak Anda. Tentu saja, sebagai orang tua, Anda akan memberikan uang saku untuk perjalanan Anda. Jika anak Anda cukup bertanggung jawab, dia akan menghabiskan uang hanya untuk biaya yang diperlukan. Anak-anak yang hemat akan sering pulang dengan uang di kantong mereka, dan tidak dengan tangan hampa.

Tampaknya semua yang Anda lakukan melibatkan pengeluaran uang. Anda harus membayar tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, membeli beberapa belanjaan, membayar uang sewa, dan banyak lainnya. Jika seorang individu mengetahui bagaimana menangani hal-hal ini, semuanya akan diselesaikan sampai dengan tagihan bulanan terakhir, dan bahkan akan memiliki uang yang tersisa untuk penghematan. Anda sebagai orang tua pasti akan senang melihat anak-anak Anda tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab.

Penganggaran sangat penting dan saat anak-anak Anda tumbuh, mereka akan sangat membutuhkannya. Jika mereka gagal menganggarkan uang mereka, maka mereka akan selalu meminjam uang. Hal-hal bahkan mungkin akan sangat buruk karena status kredit mungkin akan terpengaruh. Jadi sementara anak-anak Anda masih muda, ajarkan mereka bagaimana cara efektif membiayai uang mereka. Anak-anak Anda pasti akan berterima kasih saat mereka bertambah tua.

Bantu anak Anda menemukan kelompok pemuda atau pemudi dan tunjukkan kepadanya dukungan penuh Anda. Dorong mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan penganggaran untuk meningkatkan keterampilan mereka. Beri mereka cukup kebebasan untuk mengurus pengeluaran mereka saat mereka masih belia. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mandiri dan bijak. Mereka akan mempelajari nilai uang dan pentingnya penghematan.

Begitu anak Anda mencapai usia remaja, ajarilah dia menjadi individu yang bertanggung jawab yang tahu bagaimana menangani uang. Dan tentu saja, biarkan anak Anda bergabung dengan kelompok pemuda atau pemudi lokal sehingga dia menjadi anggota kelompok sebaya, yang dapat membantunya menjadi orang yang lebih baik. Anda akan segera menyadari bahwa remaja Anda tumbuh terlalu cepat. ***

No comments:

Powered by Blogger.